Renang Triathlon – 5 Kunci Untuk Meningkatkan Gaya Renang Triathlon Anda

Renang Triathlon – 5 Kunci Untuk Meningkatkan Gaya Renang Triathlon Anda

Renang adalah yang paling sulit dari tiga disiplin triathlon untuk dikuasai oleh sebagian besar pelatih triatlon I. Mungkin alasan terbesar adalah bahwa renang adalah disiplin ilmu yang paling “bergantung pada teknik”.

Jika Anda hanya melompat ke dalam kolam dan mulai memukul-mukul di sekitar Anda tidak hanya tidak akan meningkat, tetapi Anda mungkin benar-benar “melakukan” pukulan yang buruk dan membuatnya lebih sulit untuk melatih diri Anda sendiri dalam bentuk yang benar. Analisis gaya renang teratur sangat penting jika Anda ingin melakukan gaya bebas yang baik dan konsisten.

Berikut adalah 5 kunci yang saya gunakan untuk mengevaluasi gaya renang triatlet I pelatih:

1. Masuk dengan tangan – Jika kepala Anda berada pada jam 12, tangan Anda harus masuk ke kolam pada jam 1 dan 11. Ini membantu mencegah “menyeberang” yang pada dasarnya membuat Anda berenang seperti ular bolak-balik melalui air. Anda kehilangan banyak energi terus-menerus mencoba untuk terus berjalan lurus. Hal ini juga mencegah rotasi bahu dan pinggul yang berlebihan yang juga dapat mengeluarkan tenaga dari pukulan Anda.

2. Posisi hand glide – Di sinilah Anda memulai tarikan Anda. Anda ingin memastikan tangan Anda mencapai dinding kolam dan meluncur sejenak di kedalaman kepala sebelum Anda mulai menarik. Ini memungkinkan Anda mendapatkan setiap momentum ke depan sebelum memulai tarikan dan memungkinkan Anda mendapatkan “waktu meluncur” untuk satu atau dua detik pada setiap pukulan – dengan cara itu Anda segar saat keluar dari air.

3. Tendangan – Anda ingin tendangan Anda efisien dan Anda perlu menghemat energi di sini untuk sepeda dan lari yang akan datang. Kaki Anda harus lurus di belakang tubuh tanpa menekuk di pinggul – tidak kaku, tetapi juga tidak terlalu longgar. Tendangan Anda harus dimulai dari pinggul. Saya suka berpura-pura memakai sirip saat menendang.

4. Ketinggian air – Anda ingin kepala, bahu, pinggul, dan kaki Anda sejajar dan sejajar di bawah air. Perhatikan untuk memastikan pinggul dan kaki Anda tidak tenggelam di bawah level lengan, kepala, dan tubuh Anda.

5. Tangan keluar dari air – Pastikan tangan Anda keluar dari air di bagian bawah pinggul – bukan di pinggang. Ini akan memberi Anda dorongan ekstra pada akhir pukulan Anda dan sekali lagi mendapatkan momentum paling maju dari setiap pukulan. Saya perhatikan bahwa siswa mulai mengulurkan tangan lebih awal ketika mereka mulai lelah.

Sering kali, lebih baik melihat ini beraksi untuk benar-benar mendapatkan gambarannya di kepala Anda. Saya telah memposting beberapa video tentang saya yang mengilustrasikan masing-masing dari 5 kunci renang triathlon di situs web saya (saya menyebutnya kelas renang 3 menit). Itu adalah cara yang baik untuk mempelajari kuncinya.

Anda dapat menggunakan 5 kunci yang sama ini untuk mengevaluasi pukulan Anda sendiri saat berenang. Cobalah berenang beberapa putaran pemanasan di awal setiap latihan renang triathlon dengan fokus hanya pada satu kunci dalam satu waktu. Jika Anda memiliki teman yang dapat membantu Anda merekam pukulan Anda, Anda juga dapat mengevaluasi pukulan Anda dengan cara itu – melihat diri Anda sendiri berenang akan sangat membantu dan Anda akan melihat peningkatan besar jika Anda menjadikan analisis stroke sebagai bagian dari pelatihan renang Anda.

Leave a Reply